Wisata

Kresna

Durasi: 12 jam

Kawasan Borobudur sangat menarik untuk dijelajahi bahkan saat fajar belum menyingsing. Ada banyak titik untuk pengamatan matahari terbit alias sunrise seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Mongkrong hingga bangunan yang disebut Gereja Ayam. Tapi jika anda memang ingin mengejar sunrise di Borobudur, tentu harus berangkat pagi-pagi benar dari Jogja, yaitu jam  3 pagi! Kalaupun tidak terlalu terobsesi pada sunrise, menikmati suasana pedesaan yang masih asri juga tidak kalah seru sekaligus menenangkan batin.

Borobudur adalah temuan candi terbesar di negeri ini. Sebagai manusia Indonesia, tentu belum lengkap jika belum mengunjungi candi ini. Anda bisa menggunakan jasa pemandu untuk menjelaskan beberapa detail relief pada candi ini. Selain menikmati pesona peninggalan arkeologi ini, kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Borobudur lainnya adalah dengan bersepeda keliling desa-desa di sekitar candi. Ada beberapa persewaan sepeda, salah satunya adalah di dusun Tingal yang memiliki ratusan sepeda! Bersepeda bersama-sama sangat menyenangkan dan tentu bisa dijadikan sebagai olahraga. Berkeliling di desa-desa sekitar, kita jadi tahu bagaimana Borobudur ini dikelilingi dataran yang subur.

Seusai puas menjelajahi kawasan Borobudur, sekembalinya dari Magelang anda bisa berbelok ke arah kawasan Kaliurang. Anda bisa menikmati jejak-jejak erupsi merapi dengan menggunakan jasa jeep adventure. Dengan menggunakan jasa jeep adventure, anda akan diajak berkeliling pada titik-titik menarik. Bekas pemukiman, makam masal, bangunan yang menyajikan barang-barang terkena erupsi, bunker hingga lautan pasir bisa anda kunjungi dengan menggunakan jeep. Tentu saja sepanjang perjalanan anda akan merasakan perjalanan ala berkendara di jalanan off road, penuh guncangan.

Mengakhiri perjalanan hari ini, anda bisa mengunjungi dua candi besar di kawasan timur Jogja yaitu Candi Prambanan atau Candi Ratu Boko. Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi buddha, Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu yang besar. Sementara itu, kawasan Candi Ratu Boko diduga dulunya adalah kawasan keraton. Pilihlah tiket sunset untuk dapat menikmati matahari terbenam dari kawasan candi ratu boko yang berada di atas tebing ini.