Wisata

Puntadewa

Durasi: 12 jam

“Menikmati Yogyakarta dari lautan hingga kaki langit”

Pernahkah anda membayangkan berenang di lautan selatan yang terkenal berombak dasyat itu? Pantai di Yogyakarta memiliki karakteristiknya masing-masing. Jika anda ingin menikmati air samudera dengan mandi di tepian laut, sebaiknya anda memilih pantai-pantai di wilayah Gunungkidul. Di daerah tersebut, terdapat beberapa pantai yang terlindungi batuan karang sehingga pengunjung bisa menikmati air laut dengan relatif aman. Salah satunya adalah pantai Lambor atau Nglambor. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati keindahan tepian laut dengan ber-snorkling. Jika beruntung, anda dapat bertemu dengan berbagai biota laut di tempat ini. Tapi ingat ya, mari kita tetap menjaga kelestarian lingkungan. Seperti semboyan universal para pelancong, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto.

Jalanan di Gunungkidul sudah relatif cukup baik. Beberapa ruas jalur jalan selatan telah selesai dibangun. Walau pada beberapa ruas seperti di tanjakan arah Pathuk dipastikan akan ramai pada saat liburan. Sepanjang perjalanan di wilayah Gunungkidul, anda dapat menikmati pemandangan pedesaan atau perbukitan khas kawasan karst. Banyak dijumpai penjual walang goreng atau belalang goreng di tepian hutan.

Seusai menikmati kawasan pantai, dalam arah kembali ke Kota Yogyakarta anda dapat singgah di kawasan hutan pinus di wilayah Dlingo-Imogiri. Hutan-hutan tersebut kadang berada di ujung tebing, sehingga anda bisa melihat dataran rendah dari ketinggian. Tampak kampung-kampung atau wilayah perkotaan dari ujung tebing. Puncak Becici adalah salah satu dari sekian destinasi yang memanfaatkan keindahan hutan pinus. Pengelolaan kawasan dilakukan oleh masyarakat setempat. Secara kreatif, beberapa instalasi hiasan atau panggung ditempatkan di kawasan hutan yang dapat digunakan sebagai latar berfoto.

Dari kawasan Puncak Becici,  anda bisa meneruskan ke utara menuju Tebing Breksi dan Candi Ijo. Dua tempat tersebut berdekatan lokasinya. Candi Ijo adalah candi yang berada di tempat paling tinggi di Jogja. Candi ini menghadap ke arah barat dan memiliki beberapa tingkatan. Dari depan candi, anda bisa melihat dari kejauhan landasan pacu Bandara Adisucipto. Anda bisa menguji ketajaman mata dengan melihat adegan pesawat yang landing maupun take off.

Tebing Breksi adalah sebuah taman yang dulunya adalah bukit batuan breksi yang luas. Oleh warga setempat, batuan tersebut ditambang dan menyisakan bagian yang saat ini bisa dilihat pengunjung. Sebagai upaya pelindungan, kegiatan penambangan dihentikan dan lokasi bukit yang tersisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Anda bisa berfoto pada bagian tebing dengan batuan yang dominan warna putih atau pada bagian yang lain yang telah dipahat dengan ornamen tertentu.

Menuruni perbukitan di tebing Breksi, anda bisa singgah sejenak di Candi Ratu Boko. Setelah seharian menempuh perjalanan jauh, ada baiknya anda menikmati keheningan senja di kawasan candi ini. Salah satu sudut favorit berfoto di kawasan candi ini adalah di gerbang candi. Jika cuaca baik, anda bisa befoto dengan latar senja yang memerah.