Wisata

Paket NAKULA

Durasi: 12 jam

Merapi adalah bagian dari kehidupan orang Jogja. Gunung api yang aktif ini memberikan kesuburan pada bumi jawa. Meski pada saat tertentu, saat ia menggelar hajatanerupsi, manusia-manusia penghuni lereng merapi sejenak menyingkir. Keindahan Merapi ditunjukan oleh berbagai hal yang bisa dijumpai. Keragaman flora dan fauna, bebatuan dan material hasil aktivitas vulkanis hingga kehidupan pedesaan di lerengnya. Beberapa tempat menarik untuk dikunjungi di kawasan Merapi antara lain Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Kawasan Tlogoputri, Kuliner Jadah Tempe, Kuliner Sate Kelinci, dan tentu saja penjelajahan kawasan Merapi dengan kendaraan jeep.

Erupsi merapi tahun 2010 adalah salah satu erupsi yang cukup besar. Beberapa pemukiman dan sarana umum terdampak. Beberapa aliran sungai menjadi berlimpah material bebatuan dan pasir. Dengan menggunakan jasa jeep adventure, anda akan diajak berkeliling pada titik-titik menarik. Bekas pemukiman, makam masal, bangunan yang menyajikan barang-barang terkena erupsi, bunker hingga lautan pasir bisa anda kunjungi dengan menggunakan jeep. Tentu saja sepanjang perjalanan anda akan merasakan perjalanan ala berkendara di jalanan off road, penuh guncangan. Paket jeep adventure terbagi berdasarkan durasi atau rute.

Setelah seru menakulan jalanan berbatu dan berpasir, jangan terburu-buru kembali ke Kota Yogyakarta. Mampirlah ke Museum Ullen Sentalu di kawasan Kaliurang. Ini adalah salah satu museum terbaik di Jogja. Museum yang dikelola oleh swasta ini memiliki tema tentang sejarah dan kehidupan trah raja-raja mataram baik yang di Yogyakarta maupun di Surakarta. Anda akan dipandu mengelilingi museum yang memiliki tata bangunan yang menarik. Pemandu akan menjelaskan kepada anda perihal silsilah raja-raja mataram, gaya hidup beberapa raja atau putri raja yang terkenal hingga filosofi tata busana jawa.Tidak diperkenankan mengambil gambar pada sebagian besar ruangan di museum ini. Tentu saja mengunjungi museum ini bukan foto-foto yang kita cari, tapi cerita dan hikmat yang bisa diambil dari sejarah para leluhur kita.

Dari kawasan Kaliurang, selanjutnya perjalanan menuju ke arah timur Jogja. Menuju kawasan Prambanan anda bisa melewati banyak alternatif jalan yang membelah pedesaan di Sleman bagian timur. Di kawasan Prambanan, ada berbagai candi yang bisa dikunjungi. Tentu yang terbesar adalah kawasan Candi Prambanan dengan tiga candi utamanya Shiva, Wisnu dan Brahma. Beberapa Candi yang berdekatan antara lain Candi Sewu dan Candi Plaosan. Di sebelah selatan kawasan Candi Prambanan, anda akan melihat perbukitan yang masih asri. Di situ juga banyak harta karun penjelajahan yang bisa disinggahi seperti Tebing Breksi atau Candi Ijo.

Ketika hari sudah petang adalah saatnya kembali ke Kota Jogja. Beberapa destinasi masih dapat dinikmati pada malam hari seperti De’Mata Museum dan Kawasan Alun-Alun Selatan