Wisata

Paket WERKUDARA

Durasi: 12 jam

“Menelusuri kedalaman taman bumi Gunungsewu”

Tahukah anda jika Jogja memiliki kawasan Geopark atau taman bumi? Kawasan karst Gunungsewu yang membentang dari Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan telah ditetapkan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Kawasan ini menarik karena terdapat banyak situs-situs warisan geologis dan beberapa dari situs-situs tersebut dapat dinikmati oleh wisatawan. Salah satunya adalah kawasan Goa Pindul. Mengunjungi tempat ini, anda akan diajak menelusuri aliran sungai yang melewati sebuah Goa dengan cara menunggangi ban pelampung atau yang disebut river tubing. Pilihan aktivitas lainnya adalah melakukan river tubing di alur sungai Oya.

Jika belum puas bermain air di Goa Pindul, anda bisa menuju kawasan pantai. Ada banyak pilihan pantai salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Nama asli pantai ini sebenarnya adalah pantai Pulangsyawal, nama indrayanti diambil dari nama salah satu pelaku usaha di wilayah ini. Untuk mengisi perut, anda bisa memesan aneka olahan ikan di warung setempat. Selain itu, biasanya ada juga penjual ikan, udang atau cumi goreng tepung yang bisa anda beli untuk dibawa ke kota. Mungkin jika pada perjalanan pulang anda masih lapar.

Gunungkidul juga memiliki potensi hasil buah-buahan. Di kios-kios warung di pantai atau di kios sepanjang jalan menuju Yogyakarta terdapat penjual buah-buahan. Yang lazim ditemui adalah buah sawo. Jika pada musimnya, ada juga buah srikaya atau durian. Selain buah-buahan, tentu saja Gunungkidul terkenal dengan belalang goreng, Penjual walang goreng ini bisa anda jumpai di berbagai tempat mulai dari tepi jalan hingga yang sudah dalam bentuk kemasan di pusat oleh-oleh.

Sebelum anda turun ke kota Yogyakarta, alangkah baiknya mengakhiri petualangan dengan melihat Kota Yogyakarta dari ketinggian. Sesampainya di wilayah Pathuk, anda bisa berbelok ke selatan ke arah deretan hutan-hutan Pinus seperti di kawasan Becici. Setelah seharian menikmati teriknya pantai, mungkin kita bisa meneduhkan diri di bawah pepohonan pinus yang rindang. Di tempat ini tentu menarik untuk diambil fotonya. Beberapa instalasi ornamen menghiasi kawasan hutan dan dapat digunakan sebagai latar berfoto.

Sebelum hari menjadi petang, sebaiknya anda bergegas menujukawasan yang disebut Bukit Bintang. Tempat ini sebenarnya adalah kawasan warung yang berada di tepian tebing. Ketika hari benar-benar sudah menjadi gelap, lampu-lampu perkotaan nun jauh dibawah sana mulai menyala dan memberikan pemandangan yang menarik. Sembari menikmati jagung bakar dan secangkir teh atau kopi hangat, mari kita berbincang dengan kawan soal keseruan petualangan dari pagi hingga petang ini.